8 Yang Perlu Diperhatikan Bila Ingin Membeli Mobil Bekas


Apa kamu ingin membeli mobil bekas? Bagaimana membeli mobil bekas yang bermutu untuk orang yang batu tau tentang mobil? Kamu bisa membeli mobil secara cash ataupun dengan cara kredit mobil bekas yang aman dan terpercaya serta mudah melalui garasi.id tentunya secara syariah. 


Membeli mobil impian adalah keinginan setiap orang. Tetapi kadang keuangan yang tidak memenuhi untuk beli yang baru, membuat mobil bekas jadi satu pilihan. 

Tidak hanya sebab harga yang tambah murah, kualitas mobil bekas pun tidak beda jauh. Beli mobil bekas dapat selamatkan Kamu dari penurunan harga mobil seputar 15-25 % per tahun sepanjang lima tahun pertama semenjak awal pembeliannya. Disamping itu mobil bekas bukan hanya dapat dibeli dengan kontan, credit juga dapat. Sekarang banyak program perbankan untuk credit mobil bekas. 

Nah, buat Kamu yang memiliki kemauan untuk beli mobil bekas, untuk pemula penting diingat keadaan mobil itu. Berikut panduan beli mobil bekas diambil dari beberapa sumber : 

1. Cek Elemen Mobil 

Lihat tiap sisi mobil, adakah peluang beberapa bagian bodi mobil telah ditukar, check sisi dalamnya, seperti pintu mobil, bangku, kap, AC, radio, serta semua tombol-tombol berperan secara baik. Banding beberapa bagian mobil bekas itu dengan keadaan baru mobil dengan mengeceknya di internet. 

2. Cek Keadaan Mesin 

Walau bodi masih mulus, keadaan serta perform mesin harus juga jadi perhatian. Cek suara mesinnya adakah yang ganjil. Yakinkan keadaan rem masih berperan secara baik. 

Hal-hal lain yang dicemaskan dari calon konsumen umumnya ialah mobil yang bekas banjir. Umumnya mobil bekas yang pernah terserang banjir suaranya lebih keras dari mobil normal. Seharusnya Kamu perlu ajak orang yang pakar, montir bengkel, atau rekan yang mengerti mesin untuk memeriksa mobil. Ditambah lagi bengkel-bengkel mobil sekarang juga makin hebat dengan memakai skema komputerisasi. 

3. Cek Box Transmisi 

Baik mobil bekas matic, atau manual yang ingin dibeli, jauhi yang alami kebocoran oli dari sela box transmisi. Untuk mengeceknya yaitu dengan lihat di bagian transmisi di body mobil, adakah bekas oli yang amburadul atau mungkin tidak. 

4. Tes Drive 

Minta izin serta ajak penjual untuk coba mobil itu. Cek setir apa masih normal dengan lakukan terlepas stir pada kecepatan rendah untuk memeriksa apa mobil masih berjalan lurus atau mungkin tidak, serta lakukan beberapa manuver. 

5. Cek Dokumen Kendaraan 

Kamu harus cermat pada beberapa surat mobil yang akan dibeli. Check dulu STNK, BPKB, serta beberapa surat yang lain dengan memfotocopy dokumen itu serta mengeceknya di polda atau kantor samsat paling dekat sebelum lakukan transaksi. 

6. Menawar Harga 

Sebelum menawar, sebaiknya lebih dulu cari tahu harga pasarannya. Harga satu mobil bekas biasanya mempunyai tenggang pasaran bergantung dari keadaan serta tahun produksi. Selanjutnya bikinlah penawaran awal sejumlah Rp 5 juta dari harga pasaran, jika memang perlu bawalah orang lain untuk menolong, contohnya pasangan atau rekan. 

Beli mobil bekas dengan cara online, lewat showroom atau perseorangan, jika tidak jeli pasti beresiko membuat sedih di masa datang. Jadi, hati-hatilah! 

7. Mencari Tahu Latar Belakang Mobil 

Background mobil ialah hal yang penting Anda lihat sebelum putuskan beli satu mobil bekas. Bila Anda berjumpa dengan pemilik mobil dengan cara langsung, ini akan mempermudah Anda untuk cari tahu background mobil. 

Waktu berjumpa pemilik mobil, coba kemukakan pertanyaan-pertanyaan berikut : 

  • Kapan Anda beli mobil ini? 
  • Berapa seringkali Anda mengemudikan mobil ini? Ke mana saja? 
  • Ke mana rute paling jauh yang pernah dilakukan? 
  • Tidak hanya Anda, siapa yang seringkali memakai mobil ini? 
  • Apa mobil ini pernah merasakan kecelakaan? 
  • Berapakah kali dalam satu tahun Anda lakukan service? 
  • Apa spare part khusus pernah ditukar? Kapan serta kenapa? 
  • Kenapa Anda jual mobil ini? 

Bila ada pertanyaan yang menurut Anda perlu diserahkan untuk pemilik mobil, silakan ditambah lagi. Sesudah memperoleh jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Anda, awalilah lakukan penelusuran mobil. 

8. Cek Body Mobil 

Awalnya, minta ijin pada pemilik mobil untuk mengecek kendaraannya. Dengan lakukan cek fisik, Anda akan selekasnya tahu kejujuran si pemilik mobil. 

Lihat keadaan cat mobil, apa masih mulus atau ada beberapa titik karat, guratan, penyok, atau bekas tambalan. Lihat tiap detil body mobil itu, dari depan sampai belakang, dari atas sampai bawah, dari kanan ke kiri. 

Lihat juga plafon ( sisi atas mobil ). Plafon yang masih tetap bagus ialah yang masih tetap tebal sebab akan membuat perlindungan temperatur udara di mobil khususnya pada siang hari. 

Disamping itu, lihat ke empat ban, apa masih bagus atau telah mulai aus. Bila ada yang tipis, pasti Anda harus keluarkan uang untuk mengubahnya.




Posting Komentar

0 Komentar