5 Ide Kegiatan Sosial Anak Muda Sebagai Wujud Kontribusi untuk Sesama

Selama pandemi ini banyak anak muda yang masih menempuh pendidikan baik sekolah maupun kuliah untuk sementara waktu belajar dari rumah. Kegiatan belajar tersebut bisa dikatakan tidak seefektif dibandingkan saat tatap muka langsung. Untuk pergi keluar rumah pun harus membawa masker yang bisa di beli di toko jual masker kain. Rasa rindu terhadap teman dan kegiatan di sekolah membuat Anda merasa ingin segera kembali seperti sediakala.


Untuk mengobati rasa rindu yang masih belum bisa dibayar tuntas dalam waktu dekat ini, Anda dapat mengobatinya dengan tetap menjaga komunikasi dengan teman-teman. Membuat sebuah kegiatan yang bermanfaat sehingga tetap produktif meskipun WFH merupakan satu langkah yang bisa Anda mulai sedini mungkin.

Ide Kegiatan Sosial

Meski sedang social distancing, Anda tetap dapat melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk banyak orang. Berikut lima ide kegiatan sosial untuk anak muda sebagai wujud nyata kontribusi pada sesama.

  1. Galang Dana

Saat ini banyak masyarakat yang sedang membutuhkan uluran tangan Anda. Banyak masyarakat yang ekonominya memburuk usai pandemi datang. Beberapa dari mereka harus berobat dan menjalani operasi. Anda bisa melakukan gerakan galang dana untuk orang-orang yang membutuhkan. Terlebih saat ini di Indonesia banyak bencana alam yang mengakibatkan semakin memburuknya perekonomian masyarakat daerah tersebut.

 

  1. Donasi Sembako

Apabila kegiatan galang dana untuk mengumpulkan donasi uang, maka Anda bisa melakukan gerakan dengan mengajak masyarakat yang mampu untuk berdonasi dalam bentuk sembako.

 

Sembako tersebut nantinya akan dibagikan kepada saudara setanah air yang memang membutuhkan. Anda dapat melakukan gerakan ini dengan campaign di media sosial. Ajaklah teman untuk menyebarluaskannya. Dengan begitu semakin banyak yang akan ikut berdonasi.

 

  1. Donasi Perlengkapan New Normal

Kondisi pandemi ini mengharuskan semua orang untuk melindungi diri dari penyebaran Covid-19. Pemerintah telah menetapkan protokol new normal untuk beraktivitas saat di luar rumah. Masyarakat wajib untuk menaatinya demi mencegah perluasan penyebaran Covid-19.

 

Untuk memastikan semua masyarakat mendapatkan perlengkapan yang layak, Anda bisa menggalang donasi untuk perlengkapan new normal. Isinya dapat berupa masker dan alat pelindung diri lainnya. Untuk mendapatkan harga yang terjangkau, Anda bisa membelinya langsung dari produsen yang jual masker kain.

 

  1. Edukasi Covid-19

Sebagian besar masyarakat memiliki alat komunikasi untuk mendapatkan update terbaru terkait perkembangan Covid-19. Tetapi banyak dari masyarakat yang belum menyadari seberapa pentingnya social distancing, siklus penyebaran virus Covid-19 dan bahaya dari Covid-19 tersebut. Anda dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menaati peraturan dan waspada atas adanya pandemi Covid-19.

 

  1. Volunteer pendidikan

Selama belajar dari rumah, banyak pelajar yang mengalami kendala. Dilaksanakan secara daring, pembelajaran membutuhkan perlengkapan seperti smartphone, kuota internet dan tentunya sinyal internet. Sayangnya tidak semua perlengkapan tersebut terpenuhi untuk semua pelajar dan mahasiswa. Anda dapat mengabdikan diri untuk membantu dengan meminjamkan atau memfasilitasi keperluan tersebut.

 

Selain itu apabila memungkinkan, Anda bisa menjadi pengajar bagi mereka. Caranya dengan mendatangi langsung rumah-rumah pelajar tersebut. Pastikan Anda telah mendapatkan izin dari ketua RT untuk melakukan kunjungan dari rumah ke rumah.

Itulah lima ide kegiatan di bidang sosial yang bisa Anda lakukan selama pandemi ini. Setiap keluar rumah untuk melakukan kegiatan tersebut, pastikan Anda menggunakan masker fullprint atau masker lainnya yang bisa Anda beli dari toko jual masker kain.

Semoga ulasan di atas bisa menginspirasi, ya.

Posting Komentar

0 Komentar